Cara Membuka Koneksi Database



Langkah pertama yang harus dilakukan untuk dapat menghubungkan sebuah program PHP dengan database MySQL adalah membuka koneksi, dalam hal ini Kita akan melakukan ijin akses yang menunjuk pada alamat server dan soket yang dimiliki oleh database MySQL tersebut.

Berbicara mengenai Soket, bahwa MySQL memiliki soket bernilai 3306 sehingga dalam proses ini anda harus dapat membuka hubungan dengan soket yang dimaksud. Untuk melakukan pembukaan koneksi dengan database PHP memiliki fungsi yang disebut dengan mysql_connect(), dengan sintaks dasar sebagai berikut.

mysql_connect(string_host,string_username,string_pasword)

Pada sintaks di atas khususnya pada host anda dapat mengisinya dengan malamat server MySQL tersebut berada. Misalnya , apabila database MySQL diletakkan pada komputer local atau komputer tempat membuat program, maka anda dapat menggunakan nomor IP sebagai alamat pemanggilannya. Berikut adalah contoh pembukaan koneksi database pada komputer lokal

<html>
<head>
<tittle>menggunakan MySQL connect<tittle>
</head>
<body>
<?php
//alamat host local atau dapat menggunakan IP anda $host=”localhost”;
//masukan user dan pasword dari MySQL
$user=”nama_anda”;
$pass=”pasword_anda”;
Mysql_connect($host, $user, $pass)
Or die(“koneksi gagal dilakukan: “.mysql_error();
Echo “koneksi sukses”;
?>
</body>
</html>

Akhir Script

Pada bentuk koneksi di atass anda juga dapat menuliskan alamat host secara lengkap dengan menyebutkan port database MySQL, sehingga alamat server=’localhost:3306’.

Pada program di  atas berarti kita telah memiliki user pada database MySQL yang letaknya lokal dengan user bernama (nama anda) dan paswordnya (pasword anda). Dan apabila tidak memilikinya anda harus membuat terlebih dahulu. Sehingga apabila user dikenali pada server maka program akan menunjukan pesan berikut

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komputer dengan judul Cara Membuka Koneksi Database. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://study-succes.blogspot.com/2013/11/cara-membuka-koneksi-database.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Saturday, November 23, 2013

Belum ada komentar untuk "Cara Membuka Koneksi Database"

Post a Comment