Kebisingan dan Radiasi Pada Komputer

Perangkat komputer merupakan perangkat elektronik yang telah didesain untuk diggunakan di lingkungan perkantoran yang tenan (Quiet office environtment). Standar kebisingan yang aman untuk pemakaian perangkat elektronik adalah 40-45 dB di jarak 1 meter dari sumber. Untuk perangkat komputer saat ini, sumber kebisingan utama ada pada CPU. Di waktu lalu, monitor Crt memegan peran penting sebagai sumber kebisingan. Saat ini moniter hadir dengan sweep rate frekuensi tinggi (30 Khz atau lebih) hingga monitor LCD yang lebih tenang dan ramah. Kebisingan dari CPU sebagian besar disebabkan oleh kipas pendingin, baik pada bagian power, prosessor, display adapter, maupun piringan hardisk.

Langkah antisipasinya adalah dengan memilih perangkat yang memenuhi standar kebisingan yang ditetapkan. Khususnya untuk perangkat yang telah kita miliki, dapat dipertimbangkan untuk menata ulang CPU untuk mengurangi tingkat kebisingannya.

Radiasi dari perangkat komputer lebih pada komponen VDT atau visual display terminal yang dalam hal ini monitor. Seperti halnya Televisi radiasi berupa gelombang elektromagnetik dihasilkan dari monitor , dari bagian CRT(Cathode Ray Tubes) dan komponen elektromagnetik lainnya. Berdasarkan riset, kontribusi radiasi baik jenis ionizing maupun non ionizing dari pemakaian perangkat VDT(monitor) selama rata rata 8 jam/hari sangatlah kecil dibandingkan kontribusi radiasi dari customer product lainnya. Karena standar internasional untuk emisi radiasi yang aman telah ditetapkan maka pemilihan perangkat komputer harus dilakukan dengan memperhatikan apakah telah mengikuti dan sesuai dengan standar radiasi itu, khususnya untuk perangkat monitor.

Sekali lagi, masalah kesehatan berkomputer saat ini masih kurang atau belum begitu mendapat perhatian dari para pengguna komputer. Kita masih terlalu asik pada tahapan bagaimana memiiki perangkat komputer, bagaimana memanfaatkan komputer, teknologi tercanggih mana yang harus dimiliki dan lainn sebagainya. Apbila kesadaran akan pentingnya kesehatan dalam berkomputer itu tidak segera digugah maka pada kurun 3-5 tahun kedepan dampaknya pasti akan kita rasakan. Yang perlu kita beri perhatian khususnya adalah anak anak dan para remaja yang saat ini semakin akrab dengan komputer. Kesadara komputer secara sehat akan menghindarkan mereka dari keharusan menggunakan kacamata secara dini, kelainan pada postur tubuh, cidera berkepanjangan dan berbagai keluhan lain.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komputer dengan judul Kebisingan dan Radiasi Pada Komputer. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://study-succes.blogspot.com/2013/12/kebisingan-dan-radiasi-pada-komputer.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Thursday, December 12, 2013

2 komentar untuk "Kebisingan dan Radiasi Pada Komputer"

  1. Iya gan setuju, zaman sekarang komputer udah byk dikenali anak kecil, bahaya buat kesehatan mereka klo trlalu sering. Klo zaman kita komputer msh jadul banget, jd ga betah main komputer hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy gan ane jg agak miris, sempet baca juga artikel anak kecil uda kena kanker otak karena sering banget game komputer

      Delete