Definisi Teknologi Jaringan



Jaringan komputer merupakan sarana informasi yang sangat besar, khususnya internet. Untuk melakukan interaksi dengan komputer yang terhubung dengan jaringan, manusia harus memahami garis besar teknologi ini

Jaringan komputer adalah salah satu komputer yang terhubung dengan satu atau lebih komputer lain, yang dihubungkan dengan kabel maupun wairles. Dengan jaringan komputer kita bisa melakukan interaksi dengan orang lain atau komputer lain tanpa ada batas jarak dan waktu selagi komputer dan orang dituju terhubung dalam jaringan

Dengan jaringan komputer kita bisa melakukan akses seperti:


1.       Memiliki memori dan proses yang lebih besar, karena sumber daya yang ada di jaringan tidak terbatas.

2.       Bisa berkomunikasi dengan orang lain (groupware, email, instant messeger dan sebagainya).

3.       Berbagi resource dengan orang lain (web dan sebagainya)


Jaringan komputer dibutuhkan karena dapat membawa informasi secara cepat dan tanpa ada kesalahan dari transmiter menuju receiver melalui media komunikasi, walau kadang kadang kendala muncul pada waktu pengiriman informasi, seperti:


1.       Pemanfaatan komunikasi masih mahal harganya.

2.       Fasilitas komunikasi masuh mahal harganya.

3.       Jalur transmisi yang digunakan sering terserang oleh noise.

4.       Perkembangan teknologi komunikasi yang masih terbatas.


Sasaran dari jaringan komputer yang penting untuk kita ketahui adalah apa sasaran yang ingin dicapai dengan membangun jaringan komputer, seperti:


1.       Resource sharing: Dapat menggunakan sumber daya yang ada secara bersama sama. Misalnya, seorang user yang berada di Amreika dapat melakukan komunikasi dengan user yang berada di Indonesia.

2.       Reliabilitas tinggi: Jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber sumber alternatif. Semua file atau informasi dapat disimpan dan dikopi ke komputer yang terhubung dengan jaringan. Jika salah satu dari komputer rusak maka salinan yang ada dikomputer lain masih dapat digunakan.

3.       Menghemat biaya: Komputer dekstop memiliki harga yang lebih murah dibandingkan mainframe

4.       Keamanan data: Sistem jaringan komputer memberikan perlindungan terhadap data. Jaringan keamanan data tersebut diberikan melalui pengaturan hak akses pada user.

5.       Integritas data: Dengan adanya jaringan komputer akan mencegah ketergantungan terhadap komputer pusat, karena akses data dapat dilakukan dengan komputer klien.

6.       Komunikasi: Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antara user, baik dalam bentuk visual maupun dalam bentuk teks.

7.       Skalabilitas: Jaringan komputer memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja sistem secara bertahap sesuai beban pekarjaan.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komputer dengan judul Definisi Teknologi Jaringan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://study-succes.blogspot.com/2013/12/definisi-teknologi-jaringan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Friday, December 13, 2013

Belum ada komentar untuk "Definisi Teknologi Jaringan"

Post a Comment