Pengertian Algoritma

     Untuk dapat menyelesaikan persoalan persoalan yang kita hadapi kita perlu menyusun langkah langkag atau strategi. Misalnya pada suatu saat kita hendak makan, tetapi yang tersedia hanya nasi tanpa lauk. Kemudian terpikir oleh kita untuk membuat telur dadar. Kita pun segera menyusun langkah langkah untuk membuat telur dadar. Pertama, kita ambil telur dan bumbu bumbu yang diperlukan. Kedua, membuat bumbu dan mengocoknya bersama telur. Ketiga, menyiapkan perlengkapan masak. Keempat mulai menggoreng telur dan kelima telur siap dihidangkan. Dalam dunia pemrograman pun demikian. Untuk dapat menyelesaikan masalah (problem solving), harus disusun dahulu langkah langkah penyelesaian yang dinamakan algoritma.

     Algoritma berasal dari kata alorism, yaitu nama penulis buku Arab yang terkenal, Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa al-Khowarizmi. Dalam bidang perograman, algoritma didefinisikan sebagai berikut.
     Algoritma adalah kumpulan intruksi/perintah/langkah yang berhingga jumlahnya, dituliskan secara sistematis, dan digunakan untuk menyelesaikan masalah/persoalan logika dan matematika dengan bantuan komputer. Bila digambarkan maka proses penyelesaian masalah sampai memperoleh pemecahan nya sebagai berikut:
Masalah-Algoritma-Solusi
Algoritma pemrograman yang baik harus memenuhi beberapa kriteria, yaitu:
1. menggunakan lankah/metode yang tepat dalam pemecahan masalah
2. menghasilkan output yang benar
3. ditulis menggunakan bahasa standar serta dengan format yang mudah dipahami
4. Operasi yang diperlukan sudah terdefiinisi dengan jelas
5. Semua proses harus berfiki/berhingga. Jadi, ada saat untuk berhenti
Selainkriteria tersebut di atas, algoritma juga harus memenuhi ciri berikut:
1. Precise
2. Jumlah langkah/step berhingga dan tertentu
3. Efektiv
4. Harus terminate
5. Output yang dihasilkan tepat
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komputer dengan judul Pengertian Algoritma. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://study-succes.blogspot.com/2013/11/pengertian-algoritma.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Sunday, November 3, 2013

Belum ada komentar untuk "Pengertian Algoritma"

Post a Comment