Kabel Twisted Pair



Kabel twisted pair merupakan kabel yang paling sederhana dan paling murah dibanding yang lain. Saat ini jenis kabel ini banyak digunakan dalam membangun jaringan komputer.


Kabel twister pair terdiri dari dua kawat tembaga berselubung yang diatur sedemikian rupa sehingga membentuk pola spiral. Satu pasang kkabel berfungsi sebagai link komunikasi. Dalam jarak yang semakin jauh, satu bundel kabel twisted pair dapat berdiri dari beratus ratus pasangan. Pemilinan kabel ini mengurangi inteferensi yang terjadi di antara kabel.

Kabel twisted pair dibagi menjadi 2 jenis

1.       Unshielded Twisted Pair (UTP): Kabel UTP merupakan salah satu jenis kabel yang digunakan untuk membuat jaringan lokal atau jaringan komputer. Kabel ini menggunakan bahan dasar tembaga, tanpa selubung pembungkus luar. Di dalam terdapat 4 pasang kabel yang setiap pasangnya dipilin (bisa dijumpai pada kabel UTP kategori 5 dan 5e pada jaringan berbasis teknologi Ethernet). Kabel UTP memiliki impedensasi kira kira 100 Ohm dan terrsedia dalam beberapa kategori. Kabel UTP sangat peka terhadap gangguan interferensi elektromagnetik.


2.       Shielded Twisted Pair (STP): Sesuai namanya, perbedaan keduanya terletak pada bungkusnya. Pada bagian dalam kabe STP terdapat suatu lapisan pelindung kabel internal untuk melindungi data yang ditransmisikan dari interferensi atau gangguan. STP memiliki kinerja yang lebih baik pada kecepatan data yang lebih tinggi. Harga STP sedikit lebih mahal. Kabel ini lebih tahan terhadap interferensi dan gangguan gelombang elektromagnetik.

Kabel UTP lebih populer dibandingkan STP dan paling banyak digunakan sebagai kabel jaringan. UTP adalah subyek untuk interferensi elektromagnet eksternal, meliputi interferensi dari twisted pair yang berdekatan dari derau yang muncul dari lingkungan sekitar. Salah satui cara meningkatkan karakteristik dari media ini adalah dengan melapisinya dengan pelindung metalik atau bahan yang dapat mengurangi kemungkinan terjadinya interferensi.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komputer dengan judul Kabel Twisted Pair. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://study-succes.blogspot.com/2013/12/kabel-twisted-pair.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Thursday, December 19, 2013

Belum ada komentar untuk "Kabel Twisted Pair"

Post a Comment