Masalah Ekonomi

Jika kita memperhatikan kehidupan masyarakat sehari-hari, kita akan melihat banyak orang terlibat dalam berbagai kegiatan. Petani menggarap sawahnya, pedagang menjajakan barang dagangannya, perajin membuat berbagai barang kerajinan, dan lain sebagainya. Mereka terlibat dalam kegiatannya masing-masing karena terdorong untuk mendapatkan hasil, baik berupa barang, jasa maupun uang sebagai penghidupannya. Setiap orang selalu merasakan kebutuhan akan barang, jasa, dan uang dalam kehidupannya di masyarakat. Mereka terorong untuk bekerja karena kebutuhan mereka yang memerlukan pemenuhan guna mencapai kepuasan hidup.

Pada masyarakat primitif, proses pemenuhan kebutuhan hampir dapat dikatakan berjalan lancar, tanpa menghadapi masalah. Hal ini dikarenakan jumlah penduduk yang masih sangat sedikit dengan kebutuhan yang sederhana sedangkan  SDA yang ada masih cukup tersedia untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.  Namun di masa sekarang, proses pemenuhan kebutuhan tidak begitu saja berjalan dengan lancar. Hal ini disebabkan karena kebutuhan manusia yang berkembang dengan cepat, sedangkan sumber alat  pemuas kebutuhan manusia tidak mampu lagi mengimbangi perkembangan kebutuhan manusia. Akhirnya timbul masalah pemenuhan kebutuhan manusia yang selanjutnya dikenal dengan masalah ekonomi.

1. Inti Masalah Ekonomi
Masalah ekonomi menyangkut proses pemenuhan kebutuhan manusia. Ada 2 hal pokok yang berhubungan dengan proes pemenuhan kebutuhan manusia yaitu kebutuhan manusia itu sendiri serta barang/jasa sebagai alat pemuas kebutuhan manusia. Kenyataan menunjukkan bahwa kebutuhan manusia terus berkembang, baik jumlah maupun mutunya. Sementara perkembangan alat pemuas kebutuhan manusia tidak secepat dengan perkembangan kebutuhan manusia. Perkembangan alat kebutuhan manusia mengalami keterbatasan karena SDA yang ada jumlahnya terbatas (langka), begitu pula kemampuan manusia untuk mengelolanya.

Dengan membandingkan antara kebutuhan manusia dan alat pemuas kebutuhannya, maka muncullah masalah ekonomi, yakni kurang terpenuhinya kebutuhan manusia. Masalah dasar ekonomi inilah yang kemudian dikenal dengan inti masalah ekonomi. Inti masalah ekonomi pada dasarnya bersumber dari adanya kebutuhan manusia yang tak terbatas, namun alat pemuas kebutuhan manusia terbatas sehingga timbul kelangkaan.

Untuk itu, manusia dituntut agar berusaha dengan cermat dan tepat dalam mengelola SDA yang ada guna menghasilkan alat pemuas yang dibutuhkannya. Di samping masalah ekonomi tersebut, setiap masyarakat dalam suatu negara juga dituntut untuk dapat menntukan jenis barang/jasa yang dihasilkan dan cara menghasilkan barang/ jasa tersebut. Oleh karena itu muncullah masalah ekonomi yang lain yang kemudian dikenal dengan masalah pokok ekonomi.

2. Masalah Pokok dalam Ekonomi
Ada 3 masalah pokok ekonomi, yaitu :menentukan barang/jasa yang dihasilkan, bagaimana cara menghasilkannya, dan untuk siapa barang/jasa tersebut dihasilkan.

                A.What (barang/jasa apa yang harus dihasilkan?)
Masalah ini terkait dengan jenis barang/jasa yang harus dihasilkan oleh masayarakat sesuai dengan kebutuhannya. Pemecahan masalah ini dimaksudkan agar jenis barang/jasa yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan utama yang dirasakan oleh banyak orang. Untuk itu, produsen perlu memperhatikan urutan prioritas kebutuhan yang memerlukan pemenuhan terlebih dahulu.
B. How (bagaimana cara menghasilkan barang/jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat?)
Masalah ini menyangkut teknologi yang digunakan untuk mengelola SDA yang ada dalam usaha menghasilkan barang dan jasa. Pemecahan masalah ini dimaksudkan agar teknologi atau cara yang digunakan untuk menghasilkan barang/jasa tersebut dapat sesuai dengan kondisi masyarakat, serta dapat dicapai efisiensi dan mengindari pemborosan.
C. For Whom (untuk siapa barang/jasa dihasilkan?)
Masalah ini menyangkut masyarakat yang akan menkonsumsi barang/jasa yan dihasilkan. Pemecahan masalah ini berguna agar semua kelompok/ lapisan masyarakat sebagai konsumen terpenuhi kebutuhan barang/ jasanya ini berarti kegiatan untuk menghasilkan barang/jasa harus juga memeperhatikan kebutuhan setiap lapisan masyarakat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ekonomi dengan judul Masalah Ekonomi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://study-succes.blogspot.com/2014/02/masalah-ekonomi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Sunday, February 2, 2014

Belum ada komentar untuk "Masalah Ekonomi"

Post a Comment