Pengertian Sistem Informasi




Untuk memahami pengertian sistem informasi, harus dilihat keterkaitan antara data dan informasi sebagai entitas penting pembentuk sistem informasi. Data merupakan nilai, keadaan, atau sifat yang berdiri sendiri lepas dari konteks apapun. Sementara informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendatang (Davis,1995). McLeod (1995) mengatakan bahwa informasi adalah data yang telah diproses, atau data yang memiliki arti.


Akhirnya Sistem Informasi Manajemen (SIM) dapat didefinisikan sebagai suatu alat untuk menyajikan indormasi dengan cara demikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya (Kertahadi,1995). Tujuannya adalah menyajikan informasi guna pengambilan keputusan pada perencanaan, pemrakasaan, pengorganisasian, pengendalian kegiatan operasi subsistem suatu perusahaan, dan menyajikan sinergi organisasi pada proses (murdick dan Ross, 1993). Dengan demikian sistem informasi berdasarkan konsep (input-prosessing-output).

INPUT DATA - PROSESSING - OUTPUT DATA




Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komputer dengan judul Pengertian Sistem Informasi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://study-succes.blogspot.com/2014/02/pengertian-sistem-informasi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Monday, February 3, 2014

Belum ada komentar untuk "Pengertian Sistem Informasi"

Post a Comment