Bidang Akuntansi



Untuk memberikan informasi akuntansi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pihak pihak yang memerlukan serta sebagai akibat perkembangan serta luasnya bidang yangg ada dalam akuntansi, maka terdapat spesialisasi dalam akuntansi, yaitu sebagai berikut:


A.      Akuntansi keuangan
 meruakan penerapan akuntansi secara keseluruhan untuk suatu unit ekonomi. Fungsi pokoknya adalah memelihara catatan atas transaksi usaha dan menyiapkan laporan laporan berkala atas usaha tersebut. Teknik teknik pembukuan dan prinsip prinsip akuntansi perlu diterapkan dalam melaksanakan tugas di bidang akuntansi keuangan.

B.      Akuntansi manajemen
menyiapkan historis dan taksiran dalam membantu pekerrjaan manajemen sehari hai dan merencanakan operasi perusahaan. Tugas akuntan di sini terutama untuk menyelesaikan persoalan persoalan khusus yang dihadapi perusahaan seperti pemilihan alternatif yang akan dipakai untuk proses produksi dan sebagainya. Pelayanan seperti ini juga sering diberikan oleh kantor akuntan yang disebut pelayanan advis manajemen atau pelayanan administrasi

C.      Akuntansi biaya
hubungan dengan penentuan serta pengawasan biaya dalam suatu perusahaan. Di bidang ini penting, terutama untuk perusahaan manufacture yang memerlukan perhitungan biaya produksi, distribusi biaya, penyusunan laporan biaya, penentuan biaya berdasarkan departemen, fungsi, tanggung jawab, aktifitas, produksi, periode, dan lain lain. Tugas akuntan di bidang ini antara lain untuk menganalisis data mengenai biaya, baik yang sebenarnya maupun yang direncanakan, untuk tujuan pengawasan serta perencanaan di masa yang akan datang.

D.      Akuntansi pemeriksaan
meliputi pemeriksaan independent atas pekerjaan pekerjaan akuntansi secara menyeluruh. Bidang ini merupakan salah satu tugas pokok kantor akuntan yang tercermin pada penddapat akuntan pemeriksa mengenai kelayakan laporan keuangan perusahaan tertentu. Pemeriksaan ini dapat dilakukan untuk memastikan kebenaran pencatatan/laporan suatu perusahaan. Dalam perusahaan besar, selain adanya pemeriksaan oleh kantor akutan, seringkali mereka mempunyai bagian tersendiri yang melakkan pemeriksaan tersebut yang dikenal sebagai pemeriksa internal.

E.       Akuntansi perpajakan
meliputi persiapan pelaporan, pembayaran, ataupun pengembalian pajak serta pemenuhan prosedur prosedur perpajakan. Akuntan yang bergerak di bidang ini harus memahami semua peraturan perpajakan yang berlaku dalam negara yang bersangkutan.

F.       Akuntansi pemerintahan
 merupakan bidang khusus yang mencatat dan melaporkan transaksi transaksi yang dilakukan pemerintah serta lembaga lembaga pemerintahan. Informasi akuntansi yang dihasilkan tersebut bermanfaat bagi pengelolaan administrasi negara dan pengawasan pengeluaran pemerintah sesuai dengan mata anggaran masing masing.

G.     Akuntansi anggaran
menyajikan rencana keuangan untuk suatu periode melalui perkiraan perkiraan dan menyiapkan perbandingan antara operasi yang sebenarnya terjadi dan rencana operasi yang akan datang. Bidang ini seringkali sudah tercakup dalam akuntansi manajemen

H.      Sistem akuntansi
merupakan bidang khusus untuk penyusun serta penerapan/aplikasi suatu sistem. Sistem ini dimaksudkan untuk menghasilkan cara pengamanan atas aktiva perusahaan dengan menyiapkan informasi informasi akurat. Dalam hal ini juga perlu dipertimbangkan pemakaian mesin mesin pembukuan, komputer, dan mesin mesin lain untuk mencapai efisiensi yang tinggi.

I.        Akuntansi kemasyarakatan
merupakan bidang baru dalam akuntansi yang bertujuan melakukan pengukuran atas kerugian dan keuntungan kebijakan publik bagi amsyarakat.

J.        Akuntansi pendidikan
dimaksidkan untuk pelaksanaan pekerjaan pekerjaan pengembangan ilmu akuntansi pada waktu tertentu oleh akuntan pendidik
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ekonomi dengan judul Bidang Akuntansi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://study-succes.blogspot.com/2013/11/bidang-akuntansi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Wednesday, November 27, 2013

Belum ada komentar untuk "Bidang Akuntansi"

Post a Comment