Unsur Unsur Laba Rugi (Akuntansi)



A.      Peghasilan
Penhasilan (income) adalah enaikan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk pemasukan atau penambahan aktiva atau penurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kontribusi penanaman modal.

Definisi ini meliputi,baik pendapatan (revenues) maupun keuntungan(gains). Pendapatan timbul dalam pelaksanaan aktivitas perusahaan yang biasa dan dikenal dengan sebutan yang berbeda seperti penualan, penghasilan jasa, bunga, deviden, royaliti, dan sewa. Keuntungan mencerminkan pos lainnya yang memenuhi definisi penghasilan dan mungkin timbul atau tidak timbul dalam pelaksanaan aktivitas perusahaan yang biasa. Contoh, keuntungan dan penjualan aktiva tak lancar.

B.      Beban
Beban (expenses) adalah penurungan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban yang mengakibatkan penurunak ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanaman modal.
Definisi beban ini mencakup, baik kerugian maupun beban yang timbul dalam pelaksanaan aktivitas perusahaan yang biasa. Beban yang timbul dalam pelaksanaan aktivitas perusahaan yang biasa meliputi beban pokok penjualan, gaji, dan penyusutan. Beban tersebut biasanya berbentuk arus keluar atau berkurangnya aktiva seperti kas, persediaan, dan aktiva tetap. Macam macam beban:
a)      Beban usaha (operasional)
Beban usaha adalah baban yang dikeluarkan untuk mendapatkan hasil dari usaha pokok perusahaan. Misalnya beban gaji, beban listrik, beban asuransi, beban iklan, dan beban sewa.
b)      Beban di luar usaha ( nonoperasional)
Beban di luar usaha adalah beban yang dikeluarkan, tetapi tidak ada hubungannya dengan usaha pokok perusahaan. Misalnya beban bunga dan rugi dari penjualan aktiva



Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ekonomi dengan judul Unsur Unsur Laba Rugi (Akuntansi). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://study-succes.blogspot.com/2013/11/unsur-unsur-laba-rugi-akuntansi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Thursday, November 28, 2013

Belum ada komentar untuk "Unsur Unsur Laba Rugi (Akuntansi)"

Post a Comment