Perbedaan Require dan Include



Apakah require() dan include() itu benar benar sama cara kerjanya? Tentu saja tidak, sebab jika sama fungsinya tentu tidak selayaknya dibedakan fungsinya. Perbedaan mendasar antara kedua fungsi ini adalah :
  • Fungsi require() akan selalu digantikan oleh isi dari file yang ditunjuk dalam fungsi ini dan tidak dapat digunakan dalam pecabangan/perkondisian (seperti perkondisian “jika ini maka require file anu”), karena file yang ditunjuk akan selalu direfrensi tanpa peduli kondisi struktur/aliran script.
  • Fungsi include() akan mengatur pembacaan file yang ditunjuk dapat sesuai dengan kondisi struktur/aliran script, sehingga fungsi ini dapat digunakan pada percabangan/perkondisian.

Melihat ciri ciri di atas, requiere() akan sesuai digunakan untuk merefrensi file yang berisikan variabel dan fungsi fungsi global yang digunakan pada seluruh bagian dari script utama. Sementara include() umumya digunaan untuk menyisipkan kode program/script atau tag HTML pada program/script utama, misalkan untuk header atau footer setiap halaman dalam sebuah situs.
Catatan yang penting untuk kedua fungsi ini, parse PHP akan menginggalkan mode PHP dan kembali ke mode HTML standar pada saat membaca file yang ditunjukan oleh kedua fungsi ini. Itu sebabnya pada contoh diatas, semua file yang ditunjuk oleh fungsi fungsi ini selalu dimlai dengan tag <?php dan diakhiri dangan tag ?> untuk mengembalikan mode file ke script PHP.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komputer dengan judul Perbedaan Require dan Include. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://study-succes.blogspot.com/2013/11/perbedaan-require-dan-include.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Tuesday, November 12, 2013

Belum ada komentar untuk "Perbedaan Require dan Include"

Post a Comment